Al Quran Terjemahan

Andelo Music - Jual Beli Service Gitar

Biografi Band Element

biografi band element

Element adalah grup band yang berdiri tanggal 14 Februari 1999. Saat ini anggota grup tersebut adalah Ferdy Taher (vokalis), Didi Riyadi (drummer), Ibank (bassist), Fajar (keyboardist), Arya (gitaris), Adhit (gitaris).

Awal Terbentuk

Awalnya, grup ini digawangi 7 orang, yaitu Didi Riyadi sebagai drummer, Ibank sebagai bassist, Fajar sebagai keyboardist, dua orang gitaris yaitu Arya dan Adhit serta dua orang vokalis yaitu Ronny Setiawan (alm) dan Lucky Widjatmoko. Album perdana mereka adalah Hanyalah Cinta yang mengandalkan lagu berjudul sama sebagai single pertama, dan lagu "Galau" sebagai single kedua. Album ini rilis di bawah Universal Music Indonesia yang mengontrak mereka sebanyak 3 album. Sedangkan manajemen Element dipegang oleh Oxygen Entertainment yang juga menangani fans club Element.

Karir 2000-sekarang

Pertengahan tahun 2000, Ronny mengundurkan diri. Setelah melakukan audisi terpilih Ferdy Taher sebagai vokalis. Satu tahun kemudian, Element merilis album kedua, Kupersembahakan Nirwana dengan vokalis baru, warna musik dan image band yang berbeda. Album ini mengusung lagu berjudul sama sebagai single pertama, dan "Pergilah Adinda" sebagai single kedua, serta "Bukan Orang Suci" sebagai single ketiga. Tak sampai setahun, pada bulan Maret 2002, Element mendapat penghargaan Golden Award dari Universal Music Indonesia atas pencapaian penjualan diatas 100.000 keping. Hal ini sekaligus ditandai dengan dirilisnya album kedua Element tersebut di negeri jiran pada bulan yang sama.

Awalnya, keseriusan Element dalam bermusik sempat diragukan. Hal ini karena sebagian personil yaitu Didi Riyadi, Lucky Wijatmoko, Arya Adhiprasetyo dan alm Ronny Setiawan selain mengeluti bidang musik juga berpredikat model dan aktor sinetron, sehingga band ini pada awal kariernya pernah dianggap boyband. Namun setelah berbagai prestasi diraih, seperti Golden Award juga Didi yang memperoleh Anugerah Armand Zildjian Award sebagai Newcomer Drummer 2002, Element mulai diperhitungkan.

Album ketiga Element, Paradoks dirilis 22 Agustus 2002 yang mengandalkan lagu "Rahasia Hati". Lagu tersebut menduduki tangga lagu di hampir seluruh radio di Indonesia di Clear Top 10 mulai minggu ke-3 telah menduduki peringkat pertama selama 3 minggu berturut-turut serta bertahan selama 16 minggu di dalam chart, di MTV Ampuh di minggu terakhir Oktober 2002 ini mulai masuk peringkat pertama, di Video Musik Indonesia terpilih sebagai video klip terbaik di bulan Oktober 2002. Bahkan lagu yang video klipnya dibuat oleh Rizal Mantovani ini menjadi soundtrack sinetron mini seri Cowok Komersil.

Element kembali berkunjung ke Malaysia pada tanggal 28 September 2002. Mereka diundang oleh ASTRO Cable TV dan TV3 untuk menjadi satu-satunya bintang tamu band dari Indonesia di dalam meramaikan acara music award Malaysia yang bergengsi di Genting Highland, yang bertajuk ‘Anugerah Era 2002’. Tak hanya tampil di luar negeri, Element juga pernah didapuk mendampingi penyanyi asal Inggris, Ronan Keating. Element menjadi grup pembuka konser Ronan di JHCC tanggal 9 Februari 2003.

Baru empat bulan dirilis, pada awal Januari, penjualan album ketiga mereka telah mencapai lebih dari 400 ribu kopi, dan mendapat triple platinum awards dari Universal Music Indonesia pada bulan Maret 2003. Single kedua mereka, "Maaf dari Surga" juga menjadi soundtrack sinetron Bahasa Bibir yang dibintangi oleh Didi Riyadi.

Sukses dengan album ketiga, Element menggarap album keempat bertajuk Dialog di bawah label EMI Indonesia. Element mengeluarkan tiga lagu andalan, yaitu "Satu Cerita Tentang", "Cinta Yang Lain", dan "Sadar Tanpa Dirimu". Sayang album ini tak sesukses album sebelumnya.

Pada tahun 2006, Element kembali mendapat ujian setelah vokalisnya, Lucky Widjatmoko memutuskan keluar dan berkarier solo. Namun pada tahun itu juga, Element mengelurkan album repakcage, berjudul Neo Resonansi (2006). Kali ini mereka juga menggandeng penyanyi kawakan Emilia Contessa. Pada tahun 2008, mereka kembali merilis album baru bertajuk Terang (2008) masih dengan formasi 6 orang, setelah kepergian Lucky. Album ini berisi 11 lagu dengan hits single "Tak Tersisa".

Aktivits Sosial

Tak hanya berkarya di bidang seni, personel Element juga banyak yang berpartisipasi di bidang sosial, antara lain dalam Yayasan Cinta Kita yang bergerak di bidang anak asuh dan Yayasan Cinta Anak Bangsa yang bergerak di bidang anti narkoba. Melalui kegiatan ini pula, salah satu aktivis dalam yayasan tersebut, Fajar Putra Jaya, mendapat penghargaan ‘Volunteer’ yang diberikan oleh Presiden RI Ibu Megawati di Istana Negara pada 26 Juni 2002 dalam rangka hari Anti Madat Sedunia.