Al Quran Terjemahan

Andelo Music - Jual Beli Service Gitar

Biografi Grup Band Naff

biografi grup band naff

Naff adalah sebuah grup musik Indonesia yang dibentuk tahun 1998. Anggotanya berjumlah 5 orang yaitu Ady (vokalis, pencipta lagu), Dedi Rakswardana/Dedi (gitaris, sound engineer), Andre Kurniawan H./Ade (gitaris, pencipta lagu), Odeu Wijaya/Odeu (bassist), dan Hilal Hamzah/Hilal (drummer). Kini, band ini telah memiliki vokalis baru, yaitu Arda.

Profil 

1998-2000: Awal terbentuknya Naff
Naff dibentuk pada tahun 1998 dan berdomisili di Bandung. Band ini dibentuk oleh empat orang pemuda asal Bandung. Ady adalah salah satu pendiri band tersebut dan mendapatkan posisi vokalis sekaligus pencipta lagu-lagu Naff. Ady mengajak Odeu dan Ade yang awalnya bermain drum, tetapi sekarang keduanya menjadi gitaris.

Mereka pun sudah sepakat untuk merekam demo-demo lagu mereka di Kanamusik Studio di Bandung. Ternyata pemilik studio musik tersebut adalah Dedi, jebolan Associate Degree dan Diploma 95 Wake Tecnical College National Radio Institute resmi bergabung sebagai gitaris.

Mereka telah merilis album Terlahir sebagai tanda kehadiran mereka.

2001-2002: Terbang Tinggi
Album kedua mereka yang berjudul Terbang Tinggi telah dirilis dan menambah satu anggota lagi yaitu Hilal Hamzah (Drummer).

2002-2003: Album-Titled
Pada tahun 2003, Naff pun mengeluarkan album yang judulnya sesuai dengan nama band mereka. Lagu yang menjadi single adalah Terhadap Laraku.

2006-2008: Isyarat Hati (nama Naff dikenal publik)
Pada tahun 2006, mereka pun merilis album yang berjudul Isyarat Hati. Lagu utamanya dalam album ini adalah Kau Masih Kekasihku dan Akhirnya Ku Menemukanmu. Setelah merilis album tersebut, barulah nama Naff sudah dikenal publik.

2008-2009: Rahasia Hati
Pada tahun 2008, Naff mengeluarkan album yang berjudul Rahasia Hati dengan Kaulah Hidup dan Matiku serta Tak Seindah Cinta yang Semestinya sebagai lagu utamanya dalam album ini.

2009-2010: Senandung Hati dn Jiwa
Pada tahun 2009, mereka merilis album yang berjudul Senandung Hati dan Jiwa. Namun, dalam album ini mereka menggunakan musik live accoustic. Bila Nanti Kau Milikku dijadikan sebagai lagu utamanya dalam album ini.

2010-2011: Keluarnya Ady
Sang vokalis Naff, Ady resmi mengundurkan diri dari bandnya yang telah membesarkan namanya sejak lama. Kemudian, mereka pun mengadakan audisi vokalis baru Naff. Setelah audisi selesai, jebolan Indonesian Idol, Arda resmi terpilih menggantikan Ady sebagai vokalis.

2011: Chapter 07 (New Beginning) Pertanda Hadirnya Formasi Baru Naff
Sepeninggal Ady, mereka merilis album terkini yang berjudul Chapter 07 (New Beginning) sekaligus perkenalan formasi baru Naff, yaitu Arda sebagai vokalis. Dalam album ini, mereka melahirkan lagu andalan yang berjudul Dosa Apa dan Tak Butuh Jawaban.