Profil Musisi Donny Suhendra

profil musisi donny suhendra

Nama :
Donny Suhendra
Lahir :
Bandung, Jawa Barat,
9 November 1960
Pendidikan :
ITB jurusan senirupa dan disain (1978-1982)
Penghargaan :
GitarisTerbaik di Indonesia dari Yamaha Light Music Contest
(1985)
Album :
Di sini ada Kehidupan
(2000)
Di sini ada Kehidupanrepackage (2009)

Lahir di Bandung, Jawa Barat, 9 November 1960. Berlatar belakang pendidikan jurusan senirupa dan desain  ITB (1978-1982). Memulai karirnyapada tahun 1977, sebagai gitaris WE band. Kemudian, pada tahun 1979 bergabung dengan band Rock G’Brill di kota Bandung.

Mendirikan band Fusion D’Marzio serta membuat rekamanbersama penyanyi Rien Jamain ditahun 1981. Tahun 1985, ia bergabung bersamagrup band Krakatau bersama Dwiki Dharmawan, Budhy Haryono dan Pra BudiDharma dan ikut berpartisipasi pada Yamaha Light Music Contest di Tokyo, Jepangpada tahun 1985.

Tahun 1991 membentukgrup band Adegan bersama Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Hari Moekti, danMates, yang sempat mengeluarkan3 album. Di tahun yg sama, iabergabung sebagai gitaris Java Jazz yang menghasilkanalbum Sabda Pranadan melakukan beberapa pertunjukan di beberapa kotadi Amerik Serikat. Tercatat, ia juga ikutmendirikan kelompok Big City Blues dan pernah bergabung dalam formasi trio bernama Dongilyan, bersama Yance Manusama dan Gilang Ramadhan. Ditahun 2006, ikut andil dalam pembuatanalbum Syaharani & the Queenfireworks. Saatini ia tergabungdalam Nera Band bersama Gilang Ramadhan, Ivan Nestorman, Krisna Prameswara dan Adi Dharmawan.

Pendiri dan pengajar sekolah musik GladiResik Musik Lab bersama dengan Todung Panjaitan dan Gilang ramadhanini, pernah memperoleh beberapa penghargaan antara lain sebagai Gitaris Terbaik di Indonesia dari Yamaha Light Music Contest padatahun 1985.

Karir bermusiknya semakinlengkap”setelah ia menciptakan berbagai karya album dan lagu. Di tahun2000, solo album perdananya, Disini ada Kehidupan, dirilis dalam versi kasetoleh Chico & Ira Production. Tahun2009, ia kembali mengeluarkan album solonya yang dirilis ulang darialbum serupa pada tahun 1999, ditambah beberapa judul baru.

Tak pelak serangkaian perjalanan karir musiknya yang panjang, telah menempatkannya sebagai salah satugitaris jazz dan blues terbaik yang dimiliki negeri ini